Cara mengatasi Stress Menurut islam yang ampuh


Share/Bookmark

Cara mengatasi stress menurut islam
Cara mengatasi Stress Menurut islam. sebelum saya memberi tahu cara untuk mengatasi stress kita bahas sedikit tentang stress.Stress adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Biasanya stress  diakibatkan karena tidak sesuainya antara keinginan, harapan dengan kenyataan yang terjadi. Jika kita yakin terhadap janji Allah akan memberikan yang terbaik untuk umat Nya, maka untuk menangani stress dalam Islam yang baik adalah dengan mengingat janji Allah tersebut. Apa yang kita inginkan belum tentu baik bagi Allah, dan Allah mengetahui atas segala sesuatu.

Cara mengatasi Stress menurut islam :

  • Solat
Al-Baqarah : Ayat 45...

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
Artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.
(QS. al-Baqarah (2): 45)
Cara mengatasi stress menurut ayat diatas yaitu dengan solat  karna solat dapat membuat orang-orang yang beriman dan hati mereka jadi tentram dengan mengingat Allah SWT.
  • Lebih bersabar
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya : "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar"(QS. al-Baqarah (2): 155)


Jika sedang mengalami stress atau tekanan batin, cara mengatasi tekanan batin menurut Islam dapat dilakukan dengan bersabar. Sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur’an yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”
  • Membaca Al-quran dan Zikir
أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya : "Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang"(QS. Ar-Ra'd ayat : 28 )


Setelah baca Al-Quran, hati anda akan merasakan  getaran iman, dimana perasaan itu membuat manusia sangat takut untuk berbuat dosa dan sangat tidak takut akan sesuatu hal buruk yg bakal terjadi, sekalipun dalam keadaan bahaya, hati tetap selalu tenang, sehingga tidak larut memikirkan beban perasaan yg mengganggu. Untuk lebih jelasnya mengenai perasaan getaran iman silahkan dibuka dan dibaca
Sekian artikel  cara mengatasi stress menurut Islam ini, semoga bermanfaaat untuk anda semunya Amin ya robbal ‘alamin . bila ada tambahan unutk mengatasi stress komentar di bawah ini
Baca juga artikel tentang : Cara mengatasi Stress di tempat kerja
Pusat penjualan obat herbal di indonesia toko herbal anas

Fans page Facebook